Selamat datang seluruh rekan-rekan pengunjung pusatcacingtanah.blogspot.com
Gapoktani "mitra sukses" merupakan Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan & Perikanan (P2MKP) sesuai dengan peraturan Menteri Kelautan & Perikanan No.PER.01/MEN/2011.
Khusus melatih budidaya cacing tanah & belut, sehingga bagi rekan-rekan yang tertarik untuk berlatih budidaya cacing tanah & belut dapat menghubungi kami.
Prima 081316471943

Minggu, 21 Juli 2013

Pusat Penjualan Cacing Lumbricus

Cacing tanah. Banyak diantara kita selaku pecinta pertanian sudah melupakan akan manfaat binatang yang menjijikkan yang satu ini. Padahal sejak dari jaman nenek moyang kita kita telah banyak dibantu oleh cacing tanah. Coba bayangkan betapa besar peran cacing tanah dalam meningkatkan kesuburan tanah kita? Betapa besar manfaat cacing tanah terhadap kelestarian alam kita?
Cacing tanah termasuk hewan tingkat rendah, karena tidak mempunyai tulang belakang (invertebrata) dan termasuk kelas Oligochaeta. Cacing tanah bukanlah hewan yang asing bagi kita, terutama bagi masyarakat di perdesaan. Di balik bentuknya yang menjijikkan, ternyata hewan ini mempunyai potensi sangat menakjubkan bagi kehidupan dan kesejahteraan manusia.
Anda mungkin tidak tahu, bahwa ternyata banyak yang membutuhkan cacing ini. Bahkan, di pasar luar negeri kebutuhan cacing tanah cukup besar. Korea Selatan misalnya, membutuhkan cacing tanah sekitar 35.000 ton per bulan untuk dijadikan pakan ayam.
Untuk keperluan pasar ekspor ini, cacing tanah bukan hanya dijadikan sebagai pakan ternak tetapi juga sebagai bahan baku lain. Di Cina, cacing jenis ini digunakan sebagai obat tradisional. Di Prancis dan Italia, cacing ini dijadikan bahan kosmetika untuk menghaluskan dan melembutkan kulit.
Sementara di Jepang dan beberapa negara Eropa, dijadikan bahan tambahan dalam pembuatan makanan dan minuman. Di Indonesia sendiri, cacing tanah sudah mulai dimanfaatkan sebagai bahan baku obat.
Dengan aspek ekonomisnya yang cukup menjanjikan, bahkan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia, tak salah jika saat ini banyak masyarakat yang membudidayakannya.
Jenis-jenis yang paling banyak dikembangkan oleh manusia berasal dari famili Megascolicidae dan Lumbricidae dengan genus Lumbricus, Eiseinia, Pheretima, Perionyx, Diplocardi dan Lidrillus.Berbagai Manfaat Melihat berbagai manfaat inilah, maka cacing tanah jika dikelola secara baik dan benar bisa menjadi usaha yang lumayan menguntungkan. Jika Anda mampu mengolah proses produksi sejak hulu hingga hilir, tentu keuntungan bisa makin berlipat.
Yang pertama kali harus dilakukan dalam membudidayakan hewan ini adalah persiapan sarana dan peralatan. Pembuatan kandang sebaiknya menggunakan bahan-bahan yang murah dan mudah didapat seperti bambu, rumbia, papan bekas, ijuk dan genteng tanah liat.
Salah satu contoh kandang permanen untuk peternakan skala besar adalah berukuran 1,5 x 18 m dengan tinggi 0,45 m. Di dalamnya, dibuat rak-rak bertingkat sebagai wadah-wadah pemeliharaan.
Bahan untuk media pembuatan sarang adalah, kotoran hewan, dedaunan/buah-buahan, batang pisang, limbah rumah tangga, limbah pasar, kertas koran, kardus, kayu lapu, bubur kayu.
Bahan yang tersedia terlebih dahulu dipotong sepanjang 2,5 Cm. Berbagai bahan, kecuali kotoran ternak, diaduk dan ditambah air, kemudian diaduk kembali. Bahan campuran dan kotaran ternak dijadikan satu dengan persentase perbandingan 70:30 ditambah air secukupnya supaya tetap basah.
Kemudian yang tak kalah penting adalah proses pembibitan. Persiapan yang diperlukan dalam pembudidayaan cacing tanah adalah meramu media tumbuh, menyediakan bibit unggul, mempersiapkan kandang cacing dan kandang pelindung.
Sebaiknya, dalam beternak cacing tanah secara komersial digunakan bibit yang sudah ada karena diperlukan pengembangbiakan dalam jumlah yang besar. Namun, bila akan dimulai dari skala kecil dapat pula dipakai bibit cacing tanah dari alam, yang diperoleh dari tumpukan sampah yang membusuk atau dari tempat pembuangan kotoran hewan.Bibit Cacing Apabila media pemeliharaan telah siap dan bibit cacing tanah sudah ada, maka penanaman dapat segera dilaksanakan dalam wadah pemeliharaan. Bibit cacing tanah yang ada, tidaklah sekaligus dimasukkan ke dalam media, tetapi harus dicoba sedikit demi sedikit.
Beberapa bibit cacing tanah diletakkan di atas media, kemudian diamati apakah bibit cacing itu masuk ke dalam media atau tidak. Jika terlihat masuk, baru bibit cacing yang lain dimasukkan. Setiap 3 jam sekali diamati, mungkin ada yang berkeliaran di atas media atau ada yang meninggalkan media.
Apabila dalam waktu 12 jam tidak ada yang meninggalkan wadah, berarti cacing tanah itu betah dan media sudah cocok. Sebaliknya, bila media tidak cocok, cacing akan berkeliaran di permukaan media.
Untuk mengatasinya, media harus segera diganti dengan yang baru. Cacing tanah termasuk hewan hermaprodit, yaitu memiliki alat kelamin jantan dan betina dalam satu tubuh. Namun demikian, untuk pembuahan, tidak dapat dilakukannya sendiri. Dari perkawinan sepasang cacing tanah, masing-masing akan dihasilkan satu kokon yang berisi telur-telur.
Kokon berbentuk lonjong dan berukuran sekitar 1/3 besar kepala korek api. Kokon ini diletakkan di tempat yang lembab. Dalam waktu 14-21 hari kokon akan menetas. Setiap kokon akan menghasilkan 2-20 ekor, rata-rata 4 ekor.
Diperkirakan, 100 ekor cacing dapat menghasilkan 100.000 cacing dalam waktu 1 tahun. Cacing tanah mulai dewasa setelah berumur 2-3 bulan yang ditandai dengan adanya gelang (klitelum) pada tubuh bagian depan. Selama 7-10 hari setelah perkawinan cacing dewasa akan dihasilkan 1 kokon.Pakan Untuk pemeliharaannya, yang perlu diperhatikan adalah pemberian pakan. Cacing tanah diberi pakan sekali dalam sehari semalam sebanyak berat cacing tanah yang ditanam. Apabila yang ditanam 1 kg, maka pakan yang harus diberikan juga harus 1 kg.
Secara umum, pakan cacing tanah berupa semua kotoran hewan, kecuali kotoran yang hanya dipakai sebagai media. Hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian pakan, adalah pakan yang diberikan harus dijadikan bubuk atau bubur dengan cara diblender. Bubur pakan ditaburkan rata di atas media, tetapi tidak menutupi seluruh permukaan media, sekitar 2-3 dari peti wadah tidak ditaburi pakan.
Keberhasilan beternak cacing tanah tidak terlepas dari pengendalian terhadap hama dan musuh cacing. Beberapa hama dan musuh cacing tanah antara lain semut, kumbang, burung, kelabang, lipan, lalat, tikus, katak, tupai, ayam, itik, ular, angsa, lintah, kutu dan lain-lain.
Musuh yang juga ditakuti adalah semut merah yang memakan pakan cacing tanah yang mengandung karbohidrat dan lemak. Padahal kedua zat ini diperlukan untuk penggemukan cacing tanah.
Dalam beternak cacing tanah ada dua hasil terpenting yang dapat diharapkan, yaitu biomas (cacing tanah itu sendiri) dan kascing (bekas cacing).
Panen cacing dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengunakan alat penerangan seperti lampu petromaks, lampu neon atau bohlam. Cacing tanah sangat sensitif terhadap cahaya, sehingga mereka akan berkumpul di bagian atas media. Kemudian kita tinggal memisahkan cacing tanah itu dengan medianya.
Ada cara panen yang lebih ekonomis dengan membalikkan sarang. Di balik sarang yang gelap ini cacing biasanya berkumpul dan cacing mudah terkumpul, kemudian sarang di balik kembali dan pisahkan cacing yang tertinggal.
Jika pada saat panen sudah terlihat adanya kokon (kumpulan telur), maka sarang dikembalikan pada wadah semula dan diberi pakan hingga sekitar 30 hari. Dalam jangka waktu itu, telur akan menetas.
Dan cacing tanah dapat diambil untuk dipindahkan ke wadah pemeliharaan yang baru dan siap di panen. Mudah bukan? Anda tertarik untuk membudidayakannya?MENJIJIKKAN TAPI BERKHASIATSebagian orang merasa jijik melihat cacing. Ya, hewan ini memang kadang terlihat menjijikkan, dengan bentuknya yang kecil, memanjang, tubuh yang lembab, memang sangatlah tidak nyaman ketika kita bersinggungan dengan hewan invertebrata ini. Namun, siapa sangka jika hewan mungil ini memiliki beragam khasiat.
Suatu ketika, jika Anda pergi ke toko obat Cina untuk mencari obat demam atau tifus, Anda akan disarankan menggunakan cacing tanah kering atau direbus dan diminum airnya. Kalau tidak suka dengan baunya yang cukup menyengat, bisa memakan dalam bentuk kering yang sudah dimasukkan ke dalam kapsul.
Biasanya, pasien diberi ramuan berupa 10 gram estrak cacing tanah, direbus dengan 5 gelas air hingga tersisa 2 gelas, yang harus diminum tiga kali selama dua hari.
Biasanya, cacing tanah kering yang diberikan itu adalah jenis Pheretima aspergillum.Nah, unik bukan? Memang cacing tanah dikenal menyimpan banyak khasiat. Kenyataannya, banyak orang yang mengonsumsinya untuk menyembuhkan beberapa penyakit, tanpa efek samping.Sembuhkan Typus Menurut para ahli cacing, Lumbricus Rubellus mengandung kadar protein sangat tinggi sekitar 76%. Kadar ini lebih tinggi dibandingkan daging mamalia (65%) atau ikan (50%).
Beberapa penelitian telah membuktikan adanya daya antibakteri dari protein hasil ekstrasi cacing tanah yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri gram negatif Escherichia coli, Shigella dysenterica, Staphylococcus aureus dan Salmonella thyp.Dari berbagai sumber para ahli dan pakar cacing mengatakan, bahwa banyak sekali manfaat dan khasiat dari cacing tanah ini.
Di antaranya dapat untuk menyembuhkan typus, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan nafsu makan dan juga mengobati infeksi saluran pencernaan seperti disentri, diare, serta gangguan perut lainnya seperti maag.
Di Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Hongaria, dan Filipina, cacing dipakai sebagai bahan campuran biskuit dan minuman penyegar. Hewan ini juga digunakan sebagai obat seperti antipyrn, antipyretic, dan antidote.
Sejumlah zat yang bermanfaat bagi manusia memang terkandung di dalamnya. Ditambahkan, cacing tanah juga mengandung 15 jenis asam amino esensial dengan kadar yang sangat tinggi. Zat ini biasa digunakan untuk menyempitkan atau melebarkan pembuluh darah.
1.800 Spesies Dari penelitian laboratorik pun menunjukkan pheretima mempunyai khasiat terhadap sistem saraf (menenangkan, menghilangkan kejang, menurunkan panas, menghentikan nyeri), terhadap sistem kardiovaskular (menurunkan tekanan darah, menormalkan denyut jantung yang tidak teratur), terhadap sistem imunologi (meningkatkan daya imun), melebarkan saluran pernapasan (sebagai bronchodilatator), terhadap sirkulasi darah (mencegah pembentukan trombus, mencegah pembekuan darah, menghancurkan trombus), anti tumor (ekstrak pheretima 912), merangsang otot polos uterus, membunuh sperma binatang percobaan.
Cacing tanah di dunia telah terindentifikasi sebanyak 1.800 spesies. Dari jumlah tersebut, ada dua spesies, yaitu Lumbricus rubellus (dikenal dengan cacing eropa atau introduksi) dan Pheretima aspergillum (dikenal dengan nama cacing kalung atau dilong) yang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional.
Dalam bidang pertanian, cacing menghancurkan bahan organik sehingga memperbaiki aerasi dan struktur tanah. Akibatnya, lahan menjadi subur dan penyerapan nutrisi oleh tanaman menjadi baik.
Keberadaan cacing tanah akan meningkatkan populasi mikroba yang menguntungkan tanaman.
Di bidang peternakan, berkat kandungan protein, lemak dan mineralnya yang tinggi, cacing tanah dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti unggas, ikan, udang dan kodok.
Selain itu gambaran sederhana untuk melihat nilai ekonomi cacing tanah dan manfaatnya kita bisa dicermati dari maraknya hobi memancing di sungai, rawa, waduk, atau kolam pemancingan.
Artinya, kita bisa menjual langsung cacing tanah di sekitar lokasi mancing. Jika mau lebih serius, peternakan cacing tanah bisa dijadikan usaha tetap atau sambilan untuk berbagai keperluan pasar.
Jika Anda ingin membeli, silahkan hubungi kami : Prima (gapoktani mitra sukses) 0813 1647 1943
fb : cacing tanah organik atau email ke gapoktani.mitrasukses@yahoo.co.id

501 komentar:

  1. saya mau jual cacing tanah siyapa tau butuh stok??

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya berapa banyak, dan harga...?? silahkan konfirmasi ke: sofiyanto1@gmail.com

      Hapus
    2. Harga berapa boz per kg??ada berapa banyak stok situ?
      Konfrm ke email:metharez89@gmail.com

      Hapus
    3. Jual cacing Lumbricus Rubellus 65 ribu/kg (untuk pakan ternak dan Obat).
      Alamat Jl.Gili sampeng No 77H, kebun jeruk.jakarta barat
      HP: 081328356582 (Bp. Harso)

      Hapus
    4. Harga 65 ribu/Kg, stok onhand 20 Kg, di peternakan 1 Ton/bulan

      Alamat Jakarta:
      Pondok Karya, Blok G No.11 mampang Prapatan, Jaksel

      HP:081288870295 (Bu.Christin)
      HP: 089650863864 (Bp.Wibowo) email: sonykp06@yahoo.com

      Hapus
    5. sudah tidak jual cacing lumbricus lagi

      Hapus
    6. mas sony, kenapa kog gak jual cacing lagi ?

      Hapus
    7. maaf ya om saya ikutan coment.
      saya lagi butuh cacing tanah nih om.
      tolong kompirmasi ke layda_nan@gmail.com

      Hapus
    8. maaf sebelumnya saya lagi butuh cacing tanah untuk belajar budidaya dan berwirausaha
      silahkan hub no saya 085259730030/pin BB 526573AD

      Hapus
    9. saya orang bondowoso prov.jawa timur

      Hapus
  2. Assalamualaikum, saya mau tanya harga cacing tanah berapa per Kg, dan berapa kg minimum pembelian, kami tunggu jawabannya, ke Alamat Email: ssupriatna409@gmail.com
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. minta setok brapa kilo per minggu bos? ini sya msih mau mulai usaha dibidang cacing , kalau butuh cacing lgsg aja hub, 085331216978.ntar saya stok...harga lbih rendah nggak apa apa,namanya juga mulai.

      Hapus
  3. saya jual cacing tanah perkilo 55rb/kg untuk kualitas super 65rb/kg semua bisa nego, dan itu belum termasuk ongkir. mau pesan? silahkan hub.085743918114

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami menjual cacing lumbricus. hub: bpk Adi 0817 483 2089

      Hapus
    2. kami menjual cacing tanahlumbricus harga lebih terjangkau, hub: Abah Ali Friend 085706360327

      Hapus
  4. yg domisili sekitar kab.jember jawa timur silahkan email di (suryadinmuhammad@gmail.com)

    BalasHapus
  5. Saya mau menjual cacing tanah jenis tiger & afrika, stok 200 kg / 2 minggu, saya dari kabupaten bandung, jika anda berminat untuk membeli cacing tanah, anda bisa menghubungi Bapak Ayep di nomor telpon 085315827647

    BalasHapus
  6. kami peternak cacing kab. malang JATIM .. kami dapat memenuhi permintaan stock cacing sebanyak 3kwintal/ bulan dengan pilihan cacing jenis :
    1. Lumbricus Rubellus
    2. Lumbricus Terrestris
    3. Pheretyma
    ...
    Harga Rp. 40.000 / KG (Harga khusus pembelian diatas 1 kwintal)
    Info / Order : 085815379444 / PIN 32E0258E
    (Melayani Pengiriman Luar Kota)

    BalasHapus
  7. sya tertarik usaha ternak cacing,kira kira yang mau mbeli dalam jumlah besar siapa yaa?hubungi 085331216978 jika mau saya setok,
    edisi ngumpulin pembeli.

    BalasHapus
  8. Tuk semua,sy tertarik untuk budidaya ternak cacing,dan mau belajar.ad yang bisa bantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan kontak person saya 087823878939

      Hapus
    2. Sama dengan mas Su Ganda, saya juga baru mulai ternak cacing tapi di Sleman bagian utara, DIY. Mbak Camelia Austin bisa membantu saya dalam hal pemasaran? thx.

      Hapus
  9. Sy mau nanya harga /kg brapa n minimal brapa stoknyA untuk di kirim ke sul-sel

    Mahon infonya?

    BalasHapus
  10. untuk wilayah solo dan sekitarnya.. kami dapat memenuhi permintaan stock cacing sebanyak 50kg/ bulan ... silakan hubungi 82137261100

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh Gan, bisa inbox masalah harga ke khazanahfarm@gmail.com
      Terima Kasih.

      Hapus
    2. Punya tiger pak? 087812843033 (sukoharjo)

      Hapus
    3. Punya tiger pak? 087812843033 (sukoharjo)

      Hapus
  11. Saya tertarik usaha cacing...
    ...pi bagaimana cara pemasarannya...
    Ada yg bisa bantu...

    Cilacap city

    BalasHapus
  12. kalo pembeli di daerah jombang ada ndak??
    kalo ada bisa E-Mail/Call : sun.tama87@gmail.com/085785792969

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini dari mana ?
      Dengan bapak siapa ?

      Hapus
    2. saya jual mbak jombang bisa email cacingjombang@gmail.com

      Hapus
  13. Q kebingungan menjual cacingny..krena q pemula ..butuh infony..
    Hbg 082353434243.han

    BalasHapus
  14. yg tau pengepul cacing lumbricus area bandung info ny gan.mksh
    No sy 087778882612

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. di jambi atau palembang ada yang jual atau ternak gak?
    saya mau beli bibit cacing
    085269949210

    BalasHapus
  18. kalau mau ikut keanggotaan area jakarta/semarang bagaimana prosedurnya bos?
    saya ingin memulai bisnis ini,mohon konfirmasinya yahya.wicaksona@gmail.com

    BalasHapus
  19. Mohon info tentang pengusaha&prospek cacing lumbricus rubellus di daerah sekitar sumatra utara

    terimakasih atas bantuannya.

    BalasHapus
  20. Saya mau jual cacing merah, lokasi di karawang. Hub: fardian, 0857-8283-3248.

    BalasHapus
  21. Yg butuh cacing lumbricus area jakarta hub 085959002919(arief) harga ok.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. bapak masih jualan enggak? daerah mana yahh..

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. biasanya cacing itu low beli kita mahal tapi low jual rendah banget

    BalasHapus
  25. di cari bibit Cacing Lumbricus area semarang untuk diternak dan hasilnya untuk di pake sendiri ...
    butuh ga banyak hanya 2 kg

    BalasHapus
  26. Dicari cacing lumbricus rubellus 4 kg nyampe banjarmasin hubungi ibnu 081953633003

    BalasHapus
  27. Pembelian cacing lumbricus rubellus minim 100kg bisa kita antar(Jawa Timur)
    Harga Menyesuaikan asal bisa continued.

    Contact : hvians93@gmail.com/087858580188

    BalasHapus
  28. tanggal 10 februari kami barusan panen 100 kg cacing setiap 2 bulan kami selalu panen sampai 2 ton bulan april kami panen harga promo minat serius hubungin 087 857 669 663

    BalasHapus
  29. Banyak pelatihan budi daya cacing, banyak yang sudah budi daya cacing, banyak yang sudah panen cacing, tapi banyak pula yang masih bingung menjual cacing. Sedangkan, suatu saat ada permintaan yang cukup besar, kontinyu, tapi tidak bisa terpenuhi/terlayani oleh petani cacing. Saatnya petani cacing bersatu, bersinergi, berkomitmen untuk menggapai pasar yang profitable, kontinyu, dan pembayarannya tepat sesuai kesepakatan. Ada pengalaman menarik tentang petani cacing. Saat dia mengeluh ke mana menjual cacing, ada permintaan cacing dengan kualitas tertentu, lalu dia bilang, " wah kalau yang model begitu sulit, saya bisanya yang begini". Kata Eyang Kakung, harusnya sebagai pengusaha/produsen, kita memproduksi apa yang pasar mau, bukan apa yang kita mau/kita bisa. Buat apa produksi banyak, tapi pasar menolak? lebih baek produksi banyak, tapi pasar mau. hehe....So, ayo kawan - kawan "cacinger", kita bersatu, insyaAlloh akan lebih kuat, lebih punya nilai tawar. Aamiin. Bukankah saling silaturohmi akan meluaskan rejeki? Mungkin kita bukan ahli, tapi kita berusaha, mungkin kita bukan nomor satu, tapi nomor satu juga bukan jaminan laku kan? Banyak fakta, nomor dua, tiga, dst justru yang sukses. Ke depan, ada baiknya kl kita bikin wadah khusus, yang serius saja, kita data berapa produktifitas cacing kita, per minggu/per bulan, agar kita bisa hitung berapa kapasitas yang kita bisa layani buat konsumen. Maaf, bukan menggurui, tapi kenyataannya banyak yang masih mengeluh market cacing. Sekali lagi maaf kalau kurang berkenan. (widanurmaladewi@gmail.com) (790B6454) http://bisnisbingung.blogspot.com/2015/02/awal-mula.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau gabung dong, kemana memasarkan cacing lumbricus? posisi saya di jakarta. Bpk Adi S 0817 483 2089

      Hapus
    2. Ayo kita bergabung, berkumpul, bersatu, agar bisa saling tukar info, apalagi info market.(http://bisnisbingung.blogspot.com/2015/02/sinergi-bisnis.html).

      Hapus
    3. ikutan dong... dijualnya ke mz arif ya?

      Hapus
    4. saya ingin ikut donk.. heryanki-liu@outlook.com / 0821 5948 6988
      posisi kalimantan barat

      Hapus
    5. Boleh idenya pak arif prass, agar segera terealisasi.moch.lukman(081281216770)
      cikarang/pekalongan

      Hapus
    6. Boleh saya bergabung
      Nama hadi p
      Lokasi jepara jawa tengah
      Siap menjyal cacing hasil ternak pak
      Hadi -085740273313

      Hapus
  30. saya tertarik dengan budidaya cacing ,dimana saya bisa ikuti pelatihan mohon infonya pak bos
    email saya
    jy.stro1927@gmail.com

    BalasHapus
  31. Kami menjual cacing Lumbricus, posisi di Jakarta. Hub: Bpk Adi S 0817 483 2089.
    Atau kalau ada komunitas utk daerah Jakarta dan sekitarnya, kami juga ingin bergabung. terima kasih.

    BalasHapus
  32. Saya Butuh bubut cacing lumbricus
    Di daerah palembang
    Hub ian
    08983060628
    Cahyaditian@gmail.com
    C

    BalasHapus
  33. saya dari daerah jawa timur ,,
    jika saya ingin mnjual cacing
    dimana ,,?? n brapa herga cacing perkilonya ..??

    trimkasih

    BalasHapus
  34. saya dari daerah jawa timur ,,
    jika saya ingin mnjual cacing
    dimana ,,?? n brapa herga cacing perkilonya ..??

    trimkasih

    BalasHapus
  35. Ndan mohon infonya, untuk pemasaran cacingnya kemana ya? N d harga berapa perkilonya?
    Kami bisa stock dalam jumlah besar

    Hub.
    085728313311
    bryanputrabbm@gmail.com

    BalasHapus
  36. Mohon info nya gan,penampung cacing d daerah karawang d mn,?

    BalasHapus
  37. Mohon info nya gan,penampung cacing d daerah karawang d mn,?

    BalasHapus
  38. Mohon info nya gan,penampung cacing d daerah karawang d mn,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas saya ternak juga lokasi sama di Karawang, kontak saya 0857.8283.3248

      Hapus
    2. Lam kenal bos boleh mta alamat lengkapnya ..krwnya d mana

      Hapus
  39. lau da yg ber minat membeli cacing lumbricus'hubungi saya'tuk wilayah kendal'semarang'087700311156,,,,,

    BalasHapus
  40. agan - agan ane lg nyari cacing kalung seukuran rokok samsu buat mancing...

    BalasHapus
  41. maaf bang ane daerah kebon jeruk jkt..

    BalasHapus
  42. bagi yang binging jual cacing untuk daerah bandung dan sekitarnya bisa hubungin no081321232467 harga kontrak seumur hidup perjanjian diatas matrai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daerah Karawang ada mas??
      Fardian, 0857.8283.3248

      Hapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Saya ingin bergabung dengan komunitas cacing di semarang. Ada yang bisa menginformasikan?

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. saya tinggal didaerah medan, saya mempunyai cacing tanah bagi yg punya info untuk penampung, saya bisa adakan cacing kering atau cacing hidup, baik sekala kecil atau besar, contak person 085277746222

    BalasHapus
  49. Kami dari Komunitas Cacing Pasuruan , ingin bergabung dengan kami 085791931018 Pin : 25D8EC2C

    BalasHapus
  50. Sya ingin membeli cacing kebo/koot

    BalasHapus
  51. jundiazzuhri.blogspot.com/2015/04/dapat-dolar-dari-aplikasi-whaff.html?m=1

    BalasHapus
  52. Assalamualaikum pak. Saya Andi Amri dari Padang, Sumatera Barat...saya berminat mesan cacing Lumbricus Rubellus untuk mengembangkan usaha...kira-kira minimal saya bisa mesan berapa ya? dan harganya berapa sampai ongkos kirim ke daerah saya? tolong di jawab ya pak
    Terima kasih
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  53. tolong balas di email saya ya: andiamri43@gmail.com

    BalasHapus
  54. Jual Cacing lumbricus + tiger + anc kondisi mix. Lokasi Karawang. Yang minat bisa hub saya di 0857.8283.3248

    BalasHapus
  55. Kami menjual komoditi:
    Cacing Lumbricus Rubellus lokasi area jakarta
    (untuk pakan ternak dan Obat)

    Spesifikasi:
    1. Bibit
    2. Umur 2 BUlan

    Harga: Rp 65 ribu/ KG

    keterangan
    Stok: 1 Ton

    Bagi rekan- rekan yang membutuhkan komoditi tersebut silahkan menghubungi kami melalui kontak yang tersedia.

    Jakarta:
    Pondok Karya, Blok G No.11 mampang Prapatan, Jaksel

    HP:081288870295 (Bu.Christin)
    HP: 089650863864 (Bp.Harso)
    email: Sonykp06@yahoo.com

    BalasHapus
  56. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  57. saya juga tertarik tapi didaerah kami di lampung dan sekitarnya dimana pengepulnya tolong dishare dong teman2 thank

    BalasHapus
  58. Cacing tanah boleh buat arwana ga ya? Soale ikan sy suka banget makanny. Kl mau beli untuk eceran. Bisa beli dimana? Makasih. Mohon infonya. Bisa sms sy ke 085782443222

    BalasHapus
  59. saya tertarik nih untuk membudidayakan cacing Lumbricus Rubellus, ini saya mau survey pembeli hasil budidaya khusus di kalimantan barat, siapa ya ?
    bisa email ke saya : heryanki-liu@outlook.com

    BalasHapus
  60. saya ingin mencari info pengepul / agen yang siap menampung hasil budidaya cacing lumbricus yang saya akan ternak di kalimantan barat, karena di sana tidak ada agennya..bagi yang berminat bisa contact saya
    heryanki-liu@outlook.com / 0821 5948 6988
    saya baru ingin mulai usaha ini dan sedang survey pembeli yang siap menampung hasil budidaya
    terima kasih

    BalasHapus
  61. Saya dapat menyediakan cacing tanah 1-2kw/bln lokasi malang Jatim yg minat hub 082230872346

    BalasHapus
  62. saya numpang lewat saja ^_^

    BalasHapus
  63. Saya cari pengepul daerah jawa tengah untuk menampung hasil panen saya, setiap minggu panen 15kg. Jika ada yg bersedia mohon menghubungi saya 085601974789. Terimakasih

    BalasHapus
  64. saya butuh cacing lumbricus.. area palembang dan sekitarnya.. sms di 085273777017 kalo ada..

    BalasHapus
  65. Mohon info untuk menjual cacing tanah di daerah bekasi,, terimakasih.
    Roy
    Pin: 7d54bb40

    BalasHapus
  66. Mohon info untuk menjual cacing tanah di daerah bekasi,, terimakasih.
    Roy
    Pin: 7d54bb40

    BalasHapus
  67. Permisi tanya pak, pengepul di daerah karanganyar, surakarta dimana ya?
    email : k1313074@gmail.com

    BalasHapus
  68. mau tanya gan pengepul cacing tanah daerah klaten ,,stok banyak gan

    BalasHapus
  69. saya ingin mencari info pengepul / agen yang siap menampung hasil budidaya cacing lumbricus yang saya akan ternak di area klaten kontak 082226159524,terimakasih

    BalasHapus
  70. Saya mencari pengepul yang bisa menerima cacing yang saya budidayakan. Saya berdomisili di Tulungagung - Jawa Timur. Telp. 085850742212
    Terima Kasih

    BalasHapus
  71. Saya Ridwan Peternak dan Penjual Cacing Tanah
    Ready Stock :
    1.Bibit Cacing LR dan TIGER
    2.Pupuk Organik Kascing
    3.Pupuk Cair Kascing
    4.Kapsul Cacing
    5.Madu Diet dan Gemuk Sehat extract Cacing
    6.Kopi extract cacing

    Bagi yang mau terjun d dunia cacing , monggo langsung hubungi saya , saya siap mengarahkan dari awal sampai akhir ,,,
    Untuk Luar kota/pulau , bisa kami kirim via darat/udara
    Info Lebih Jelas, Hp () 082225400066 () 5B721C3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Khusus untuk wilayah jawa barat, peternak cacing yg mandiri/belum punya tempat penjualan mohon menghubungi saya untuk d data ,,,
      Umumnya d luar jabar , monggo merapat jg ,,,
      Terimakasih..

      Hapus
    2. Bisa mints alamat garutnya dmn bisa hub.081222648662.trmks

      Hapus
  72. Permisi bapak/ibu..

    Masih pemula. Butuh stok cacing 2 kg/minggu. Area jakarta utara. Mohon inbox untuk penawaran harga tiap kilonya. hesti_smart[at]yahoo.com

    BalasHapus
  73. Untuk wilayah karawang dan sekitarnya, saya ada stock cacing mix lr+anc+tiger.
    Cp: 0857.8283.3248

    BalasHapus
  74. penjualan cacing daerah medan sumut ada tidak

    BalasHapus
  75. magetan saya ada stok 4kwintal per bulan.085932162029 atau pin 5301CF00,trimakasih

    BalasHapus
  76. Sya ad stok 100kg per bulan klu ad yg minat mangga email ke rikyaa0@gmail.com./081221154646..harga nego.
    Domisili bandung

    BalasHapus
  77. aq butuh cacing skitar 5 kg. pemula.
    lokasi pasuruan. mohon infonya

    BalasHapus
  78. Jual cacing lumbricus mix anc. Lokasi karawang. Cp: 0857.8283.3248

    BalasHapus
  79. Saya jual cacing tiger, lumbricuss, africa, cacing sawah partai kecil/besar menerima pesanan luar kota . Minat hub 082216029972
    Pin 25C2359F

    BalasHapus
  80. Mau tanya pengepul cacing daerah kalimantan dimana ya ? Tolobg di infokan . posisi saya di tanjung kalsel . no 085740853278 .

    BalasHapus
  81. Mau tanya pengepul cacing daerah kalimantan dimana ya ? Tolobg di infokan . posisi saya di tanjung kalsel . no 085740853278 .

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah memelihara cacing, saat panen pasti bingung mau jual ke mana cacing tersebut. silahkan hubungi 0818538201, 081233614103 (wildan) kami berikan solusinya

      Hapus
  82. aq daerah probolinggo lg butuh bibit cacing...mohon infonya

    BalasHapus
  83. yang bersedia k daerah probolinggo hub.082330471761 pin.528c0c01

    BalasHapus
  84. Saya jual cacing di Jombang Jawa timur lumbricuss
    yang berminat silahkan email cacingjombang@gmail.com

    BalasHapus
  85. cacing anc untuk bibit ataupun pakan
    ternak/murai batu 50rb/kg luar kota ongkir pemesanan 085875821673 pin 583dd977 atau kunjungi kami di metothamrin.blogspot.com area klaten

    BalasHapus
  86. jika area madiun _ magetan ada yg butuh cacing bisa email adysur8@gmail.com bisa ke no. 085735179173

    BalasHapus
  87. Brapa sekarang harga normal cacing pr/kg ?

    BalasHapus
  88. Saya jual cacing sawah, Africa Nc, lumbricus, tiger lokasi bandung menerima pesanan luar kota partai besar/kecil minat. CP 082216029972 pin 25C2359F

    BalasHapus
  89. sy ingin usaha mem budi dayakn cacing kosmetik, untuk mancing jg. CP 083873575337. almt Cakung Jakarta Timur

    BalasHapus
  90. Mohon info nya gan,, lokasi Magetan jawa timur. Maklum pemula,, klo mau ternak cacing merah beli bibit nya di mana ya,,??? Email ( kaswan523@gmail.com ) No hp ( 0857 7339 3309 )

    BalasHapus
  91. di Palangka Raya ada yang sudah budidaya cacing ? sms 081348888431

    BalasHapus
  92. Di pulau batam udah ada yang ternak cacing belum ya?, kalau ada tolong sms ke 0811691850 saya mau beli, buat teman2 di luar batam kalau mau beli bibitnya brp kg minimal pembeliannya?, silahkan sms harga dan minimal pembelian ke no di atas

    BalasHapus
  93. Peternak cacing area sumsel/palembang hub saya 085367960354,tono354@gmail.com.sy butuh bibit cacing mau coba ternak.

    BalasHapus
  94. kalo anda butuh cacing kilung kilung bisa saya kirimin yang minat beli harap komentar yah sayah berasal dari BLANAKAN SUBANG banyank cacing kilung kilung soal nyah si sinih

    BalasHapus
  95. Saya Arie Peternak dan Penjual Cacing Tanah
    Ready Stock :
    1.Bibit Cacing LR dan TIGER
    2.Pupuk Organik Kascing
    No tlp 0857 8117 8482 (arie)

    BalasHapus
  96. Assalamualaikum, salam kenal.
    Wah ramai sekali ya, jika ada yang berminat ikut Kursus Ternak Cacing Tanah di Jogja atau sedang mencari peternak sekaligus penjual Cacing tanah di Yogyakarta langsung kontak saya Call/WA : 081 904 10 11 13 ( Bapak Sarjudi ).

    Atau bisa anda dapatkan informasi lengkap dengan cara mengetikkan kata jual cacing tanah, peternak cacing tanah dan kursus ternak cacing di google Insaya Alloh akan meneukan beberapa blog yang saya kelola dengan berbagai informasi menarik.

    BalasHapus
  97. Klo untuk jual cacing tanah di daerah semarang di mana ea??
    Mohon infonya
    Kontak 2bcida0d / 089658982236 or suryaprakasa85@yahoo.com

    BalasHapus
  98. Klo untuk jual cacing tanah di daerah semarang di mana ea??
    Mohon infonya
    Kontak 2bcida0d / 089658982236 or suryaprakasa85@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan hub 0818538201, 081233614103 (wildan), kami beri solusinya

      Hapus
  99. Saya menyediakan cacing lumbricus harganya 50rb/kg bisa bego di daerah bandung cp:087823878939

    BalasHapus
  100. Yg butuh cacing area Jabodetabek..sy siap delivery..min order 4kg...yg minat hub: 08888624551/51DFBDFF pin bbm...trims

    BalasHapus
  101. Semua nya bingung kemana mau memasarkan cacing ini . Apakah usaha cacing ini bner bner menggiurkan di kala untuk pemasaran saja sulit .

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan hub 0818538201, 081233614103 (wildan), kami beri solusinya

      Hapus
  102. Sya ada stok cacing tiger..mungkin ada yg membutuhkan?

    BalasHapus
  103. saya ingin mencoba budidayanya
    email saya: saiful.25307@gmail

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan hub 0818538201, 081233614103 (wildan), kami beri solusinya

      Hapus
    2. Ada yg tau pengepul cacing lumbricus gan??
      Ni sya pnya anggota peternak 20 orang

      Hapus
    3. Ada yg tau pengepul cacing lumbricus gan??
      Ni sya pnya anggota peternak 20 orang

      Hapus
  104. saya punya cacing lumbricus dan taiger satu minggu 4 kwintal jualnya kemana ya hub sy. ida 081313203307

    BalasHapus
  105. saya punya cacing lumbricus dan taiger satu minggu 4 kwintal jualnya kemana ya hub sy. ida 081313203307

    BalasHapus
  106. saya punya cacing lumbricus dan taiger satu minggu 4 kwintal jualnya kemana ya hub sy. ida 081313203307

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan hubungi 0818538201 atau 081233614103 (wildan), kami beri solusinya

      Hapus
  107. kami dari pembudidaya RUMAH CACING daerah depok.untuk info lebih lanjut tentang kami,silahkan ke cacingdepok.blogspot.com

    BalasHapus
  108. kami dari pembudidaya RUMAH CACING daerah depok.untuk info lebih lanjut tentang kami,silahkan ke cacingdepok.blogspot.com

    BalasHapus
  109. Kalo di jawa tengah daerah semarang, kudus , pati, ,jepara jawa tengah ada info nggak? Untuk penjualannya. Saya sudah mulai ternak cacing. Tp masih belom efektif secara penjualan. Mohon infonya. Hubungi saya ke email andreawanteguhramadhan@gmail.com atau telpn ke 082227792027

    BalasHapus
  110. Kalo di jawa tengah daerah semarang, kudus , pati, ,jepara jawa tengah ada info nggak? Untuk penjualannya. Saya sudah mulai ternak cacing. Tp masih belom efektif secara penjualan. Mohon infonya. Hubungi saya ke email andreawanteguhramadhan@gmail.com atau telpn ke 082227792027

    BalasHapus
  111. Hallo assalamualaikum. Saya peternak cacing lumbricus di lamongan jawa timur. Kalo ada yang butuh cacing silakan hubungi ke no ini 081329609603

    BalasHapus
  112. Sy jual umpan cacing nipah untuk mancing.panjang 1meter hrg perekor 25rb hub hp 085368968801

    BalasHapus
  113. Sy jual umpan cacing nipah untuk mancing.panjang 1meter hrg perekor 25rb hub hp 085368968801

    BalasHapus
  114. beli cacing kalung kebo umpan mancing bawal daerah jkt sms 082120502063

    BalasHapus
  115. yang butuh cacing lumbricus hubungi saya

    BalasHapus
  116. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  117. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  118. selamat pagi salam sukses...! saya peternak cacing tanah Lumbricus tinngal.sy di cikarang barat jadi bagi teman dan sobat yg butuh cacing tanah untuk bididaya,paka ternak dll hub :085215240348 / 089508350064(Wa).

    BalasHapus
  119. Yang membutuhkan cacing Lumbricus untuk beberapa wilayah indonesia khususnya Sidoarjo, Tangerang dan Bandung bisa menghubungi saya di No. 087808080484/082140461162.

    - Harga per Kilo Rp. 40.000 untuk jenis cacing Lumbricus rubellus (LR).
    - Pembelian di atas 15 Kg harga Rp. 35.000 + incloud ongkir.
    - Harga Rp. 30.000/Kg jika pengambilan continue per bulan minimal 20 Kg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga melalui team marketing kami :
      1. Bpk. Toni. telp 085852230747
      2. Bpk. Ganesha. telp 082216949455

      Hapus
  120. Untuk pembelian dan penjualan cacing tanah lumbricus rubellus area jawa timur hub kami.
    No hp 085785471647
    Email: spektrumblack@gmail.com

    BalasHapus
  121. Kalo di jawa tengah daerah semarang, kudus , pati, ,jepara jawa tengah ada info nggak? Untuk penjualannya. Saya sudah mulai ternak cacing. Tp masih belom efektif secara penjualan. Mohon infonya. Hubungi saya ke email pemuda.1991.10.10@gmail.com atau telpn ke 085740273313

    BalasHapus
  122. Yang punya tiger area solo, saya butuh (087812843033)

    BalasHapus
  123. Yang punya tiger area solo, saya butuh (087812843033)

    BalasHapus
  124. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  125. Saya jual cacing lumbricus, di daerah bandung tepatnya Kabupaten Bandung Barat cisarua lembang harga per kgnya cuma 45.000 saja hubungi 087823878939 bisa langsung datang ke lokasi peternakan nya jadi no tipu tipu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mau nanya...menerima cacing juga ga?atau tau pemasaran nya?saya stok banyak lokasi di pengalengan kab .bandung

      Hapus
    2. Maaf mau nanya...menerima cacing juga ga?atau tau pemasaran nya?saya stok banyak lokasi di pengalengan kab .bandung

      Hapus
  126. Ada yang tau untuk belajar tetang budidaya cacing tanah di kota pekalongan jawa tengah. Mohon dibantu terima kasih.

    BalasHapus
  127. Ada yang tau untuk belajar tetang budidaya cacing tanah di kota pekalongan jawa tengah. Mohon dibantu terima kasih.

    BalasHapus
  128. Ada yang tau untuk belajar tetang budidaya cacing tanah di kota pekalongan jawa tengah. Mohon dibantu terima kasih.

    BalasHapus
  129. info donk..pengepul cacing untuk wilayah bekasi kota
    im.adhiet@gmail.com
    tengkyu

    BalasHapus
  130. Saya ingin mencobanya,
    Adakah yang bisa membantu??
    2992C9FA

    BalasHapus
  131. Mohon info apakah ada pengempul utk wilayah banjarmasin ?
    57047EB3 / 08115021994

    BalasHapus
  132. Salam sukses.. sya gilang asal nganjuk jawa timur.. sya tertarik untuk budidaya cacing.. dan yg sya mau tanyakan dmna sya bisa dapatkan bibitnya khususnya daerah jawa timur dan bagaimana untuk cara budidayanya?
    Terima kasih dan mohon bantuannya
    599540D6

    BalasHapus
  133. Salam sukses.. sya gilang asal nganjuk jawa timur.. sya tertarik untuk budidaya cacing.. dan yg sya mau tanyakan dmna sya bisa dapatkan bibitnya khususnya daerah jawa timur dan bagaimana untuk cara budidayanya?
    Terima kasih dan mohon bantuannya
    599540D6

    BalasHapus
  134. Salam sukses.. sya gilang asal nganjuk jawa timur.. sya tertarik untuk budidaya cacing.. dan yg sya mau tanyakan dmna sya bisa dapatkan bibitnya khususnya daerah jawa timur dan bagaimana untuk cara budidayanya?
    Terima kasih dan mohon bantuannya
    599540D6

    BalasHapus
  135. Saya peternak cacing di Sleman, DIY dan belum memiliki kelompok/grup sesama peternak. Apakah ada yang bersedia bekerja sama untuk menjual/memasarkan cacing lumbricus? Jika ada, saya siap. Ini alamat email saya, jokopitik14@gmail.com

    BalasHapus
  136. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  137. dear Pak Hidayat
    bisa minta alamat nya pak , saya ingin berguru kepada bapak
    saya tinggal di daerah tambun, terimakasih sebelum nya

    BalasHapus
  138. Salam semuanya...
    Ada yg bisa layani klo pesanan dari Makassar???
    Klo ada berapa harga dan ongkirnya ke makassar???

    BalasHapus
  139. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  140. Om saya dari wonosobo jawa tengah. Saya mau tanya .beli cacing eceran bisa gak. Cuman buat belajar dan konsumsi sendiri. wA 082324895792 terima kasih.

    BalasHapus
  141. Om saya dari wonosobo jawa tengah. Saya mau tanya .beli cacing eceran bisa gak. Cuman buat belajar dan konsumsi sendiri. wA 082324895792 terima kasih.

    BalasHapus
  142. Ada pengepul cacing lubrichus di bandung minimal dan maksimal nerima berapa kg...mohon info nya ke 082115082290 atau ke email ..nzankaero@gmail.com ...hatur nuhun

    BalasHapus
  143. Mohon maf saya hadi
    Saya peternak cacing di daerah jepara jawatengah
    Saya mau jual cacing parte kecil
    Kiranya ada informasi untuk pengepul di daerah tergat mohon infonya
    085740273313

    BalasHapus
  144. jual cacing kilung atau cacing laut,, cocok untuk pemancingan .

    harga 40rb/gelas, blum ongkir, isi lebih dr 250 ekor/gelas..
    posisi kami daerah subang ..
    pin: 573ff0d7

    BalasHapus
  145. Mohon maf saya hadi
    Saya peternak cacing di daerah jepara jawatengah
    Saya mau jual cacing parte kecil
    Kiranya ada informasi untuk pengepul di daerah tergat mohon infonya
    085740273313

    BalasHapus
  146. saya mau jual cacing lumbricus rubellus area mojokerto.buat yang minat hubungi 08564-881-7880

    BalasHapus